adalah bagian kecil dari hidup, agar ia tak redup. Sesuatu yang ingin diabadikan, namun tak mungkin akan bertahan sebab pada masanya ia pasti pergi. Tulisan barangkali bisa menjadi titik temu; antara gagasan, tanya, rasa, harapan, kebenaran, juga pencarian jawaban. Menyatu dalam sebuah bingkai berisi catatan-catatan sederhana. **(lsmdnt@catatan.aksara)**

Tentang saya :)

Total Pengunjung

Yuks menelusuri..

18 Mei 2018

Resensi buku "Jangan Kuliah Kalau Gak Sukses"




 19 maret 2016


Resensi  oleh Lusi Murdianti


JANGAN KULIAH! Kalau Gak SUKSES ; Suplemen Dahsyat Menjadi Mahasiswa Hebat

Judul Buku      : Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses
Penulis             : Setia Furqon Kholid
Penerbit           : Rumah Karya
Cetakan           : Cetakan kesebelas, Desember 2015
Isi                    : xii + 191 halaman ; 20x13 cm
ISBN               : 978-602-9544-0-3
Harga              : Rp. 75.000


            “SETIA”. Konsep lima kekuatan dahsyat ini sangat menginspirasi juga bisa mengubah mindset mahasiswa selama ini tentang sebuah kesuksesan. Konsep fenomenal ini diperkenalkan oleh penulis dan dikemas sedemikian menarik sehingga bisa menjadi jawaban atas masalah yang sebenarnya dirasakan penulis ketika bersama teman-temannya saat mengikuti KKN. Pola berfikir mahasiswa yang hanya mementingkan kesuksesan akademis atau berorganisasi saja dibahas tuntas di buku ”Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses” ini dilengkapi dengan tips-tips untuk menyeimbangkan keduanya. 
            Bagian pertama di buku motivasi ini berisi tentang hukum-hukum kehidupan. Disisipkan didalamnya motivasi dari orang-orang hebat disertai kutipan ayat-ayat Al-Qur’an. Tujuannya adalah untuk mendorong mahasiswa memulai gerak perubahan mereka. Kemudian di bagian berikutnya penulis menyajikan tentang konsep “SETIA” (Spritual power, emotional power, true financial power, intellectual power dan action power). Inilah bagian yang paling manis dari buku ini. Penulis menyajikan masalah yang umumnya dialami mahasiswa dan mengangkat kisah nyata orang lain, pembaca kemudian diajak berfikir sejenak dan merenungkan fenomena yang ada di sekitar. Hikmah dan solusi berisi kiat-kiat memulai proses perubahan yang lebih baik ikut menyempurnakan akhir bagian ini . Sukses di berbagai bidang menjadi salah satu urgensi buku ini, karena disini disuguhkan tips-tips agar sukses akademis, sukses berorganisasi dan sukses mendapat beasiswa disertai dengan lampiran alamat kedutaan besar Negara lain di Indonesia dan lembaga pemberi besasiswa.
            Buku ini adalah suplemen bagi mahasiwa yang ingin sukses. Tambahan Nutrisi bagi mahasiswa yang mau tapi belum bergerak untuk menjemput kesuksesannya. Isi buku yang disajikan  sangat menarik berisi langkah-langkah memulai perubahan membuat buku ini tak bosan dibaca. Melihat dari isinya, buku ini sangat cocok untuk mahasiwa dari berbagai bidang dan keahlian. Bisa juga direkomendasikan untuk anak SMA yang hendak kuliah agar pola sukses yang mereka inginkan bisa tergambarkan. Jika anda saat ini adalah mahasiswa yang berfikiran sempit dengan hanya mementingkan kesuksesan di bidang akademis atau organisasi saja, maka buku ini hadir sebagai solusi.
            Judul yang sangat menarik “Jangan Kuliah! Kalau gak Sukses” menjadikannya seolah berbeda dengan buku-buku motivasi lain. Kata-kata yang menampar sekaligus mengobarkan kembali semangat sebagai mahasiswa yang ingin sukses . Ukuran buku dan jenis huruf yang digunakan juga sangat pas dan enak dipandang mata. Pemaparan isi buku menarik sekali dan sarat akan  kiat-kiat sukses. Sering juga penulis menyisipkan kata-kata motivasi baik dari pribadi maupun mengutip dari orang-orang hebat sehingga berhasil membuat pembaca hanyut dan tak ingin berhenti.  
            Sajian tips dan trik di setiap akhir bagian menjadi keunggulan tersendiri. Apalagi tips dan trik tersebut adalah jawaban atas segala pertanyaan dan permasalahan mahasiswa. Pilihan kata yang digunakan sangat sederhana dan mudah dicerna. Pembaca seolah diajak berbicara dan mendengar langsung dari penulis. Saran cerdas yang diberikan juga sangat membantu pembaca karena bisa langsung dengan mudah direalisasikan. Tabel dan list yang dimuat di beberapa bagian memberikan motivasi yang luar biasa, mengajak mahasiswa mulai merancang kesuksesan dan mencapai target yang harus mereka dapatkan. Pengalaman luar biasa dari sahabat penulis tentang proses beliau mendapatkan beasiswa keluar negeri menjadi nilai tambah dari buku ini. Tawaran untuk bekerjasama dan bermitra usaha dengan penulis menunjukkan bentuk kepedulian penulis kepada pembaca yang ingin menjemput suksesnya.
           Terlepas dari kelebihan-kelebihan dan sensasi keunggulannya, buku ini juga memiliki kekurangan. Design sampul yang terlalu banyak warna serta beragamnya jenis huruf yang digunakan  membuat cover kurang menarik. Tulisan yang penuh di bagian depan dan  gambar yang digunakan kurang menarik memberikan dampak kejenuhan juga. Kemudian terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan kata dan penggunaan tanda baca seperti pada halaman 40, 50 dan 51. Semoga untuk kedepannya penulis lebih teliti lagi dan kesalahan-kesalahan kecil yang menjadi kekurangan buku ini dapat segera diperbaiki mengingat buku ini sudah mencapai cetakan kesebelas.
            Namun jika dibanding kekurangannya, tentu saja buku ini lebih banyak kelebihannya sehingga sangat dianjurkan untuk segera dimiliki para mahasiswa. Sebab sukses itu perlu dijemput bukan hanya ditunggu dan dikhayalkan. Oleh karena itu, yuk segera miliki buku ini!

*******
@Catatan Aksara💙
Lusi Murdianti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar